Selasa, 26 Juli 2011

Tip dan Trik Mendapatkan Pinjaman Usaha

Kita sebagai pelaku usaha tentunya membutuhkan modal untuk ekspansi usaha kita. Apalagi kita adalah para pelaku UKM yang mana permodalan usaha kita terbatas. Ada beberapa cara untuk menambah modal usaha salah satunya dengan mengajukan hutang ke bank atau kredit bank. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha kecil agar dapat lolos dalam mengajukan kredit ke bank. Berikut ini adalah tips cara-cara mendapatkan kredit di bank :

Bank secara umum mempunyai kriteria yang hampir sama dalam menyeleksi calon kreditur atau peminjam. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh kreditur agar dapat lolos dalam seleksi penerima pinjaman bank. Secara teoritis ada beberapa hal yang agak rumit untuk dijelaskan dan dijalankan oleh para konsultan kredit dari bank tersebut atau salesnya. Kita sebagai pelaku usaha kecil dimana usaha masih sederhana tidak akan dibebani dengan persyaratan yang memberatkan dari pihak bank selama pinjaman plafond tidak mencapai 50 atau 100 juta. Maka akan ada toleransi dari petugas survey (credit officer/ credit analyst).
Pertama, penuhilah syarat administrasi dari bank. Syarat administrasi untuk peminjam dari kalangan usaha kecil tidak rumit dan masih sederhana. dokumen kredit tersebut bisa KTP, KK, dan dokumen jaminan.
Kedua, usaha Anda sudah berjalan dua tahun dan terlihat baik secara fisik dan kegiatan usaha yang berjalan normal dan berkembang. Yakinkanlah pihak bank akan usaha yang Anda geluti dan prospek ke depan dari usaha Anda dengan menjelaskan peluang dan rencana usaha kedepan.
Ketiga, secara sosial lingkungan Anda berperilaku dan bergaul dengan masyarakat secara baik. Hal ini akan mempengaruhi penilaian subjektif dari pihak bank. Dengan Anda berperilaku baik dan wajar maka bisa dipastikan bisa meminjam di bank.
Pada dasarnya syarat tersebut seperti syarat dasar yang perlu diperhatikan oleh para calon peminjam di lembaga keuangan. Untuk syarat lebih lanjut biasanya bank mempunyai kebijakan sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting